Tim Kurikulum PGMI ikuti Pengembangan Kurikulum Berbasis MBKM dan OBE
Probolinggo, 28 Juni 2024 – Tim Kurikulum Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menghadiri kegiatan pengembangan kurikulum berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Outcome-Based Education (OBE) yang diagendakan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan FTIK UIN KHAS Jember. Acara ini digelar sebagai respon terhadap Permendikbud No. 53 Tahun 2023 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Menurut Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I selaku Koorprodi PGMI FTIK UIN Khas Jember menekankan, pentingnya integrasi MBKM dan OBE dalam kurikulum PGMI. “Kurikulum yang berbasis MBKM dan OBE akan memberikan ruang bagi mahasiswa PGMI untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran. Hal ini sesuai dengan semangat Permendikbud No. 53 Tahun 2023 yang mendorong perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global,” ujarnya.
Permendikbud No. 53 Tahun 2023 mengatur tentang standar nasional pendidikan tinggi yang mencakup berbagai aspek, termasuk kurikulum, pembelajaran, dan penilaian. Implementasi MBKM dan OBE diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan PGMI dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik dan relevan dengan kebutuhan zaman.
Lebih lanjut, Dr. Imron Fauzi, M.Pd.I, kegiatan pengembangan kurikulum ini juga diisi dengan diskusi kelompok yang melibatkan dosen-dosen PGMI dan beberapa prodi yang lain. Mereka berdiskusi tentang tantangan dan peluang dalam mengimplementasikan MBKM dan OBE, serta berbagi praktik terbaik dalam pengembangan kurikulum.
Adapun peserta yang terlibat dalam TIM Kurikulum PGMI diantaranya; Erfan Efendi, Ahmad Junaidi, muhammad Suwigyo Prayogo Ahmad Winarno dan Hartono.
Prayogo, sebagai salah satu dari anggota Tim mengungkapkan optimismenya terhadap perubahan ini. “Kami percaya bahwa dengan kurikulum yang lebih adaptif dan responsif, lulusan PGMI akan lebih siap untuk berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya di madrasah ibtidaiyah,” katanya.
Harapan besar kami, semoga acara penyusunan dan pengembangan kurikulum dapat meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia wabil khusus Prodi PGMI UIN KHAS Jember. (Admin PGMI)