info@iain-jember.ac.id 085234237373

Profil Prodi PGMI

Home >Berita >Profil Prodi PGMI
Diposting : Kamis, 24 Nov 2022, 08:53:01 | Dilihat : 409 kali
Profil Prodi PGMI


PGMI merupakan program studi yang mencetak guru MI/SD yang berwawasan agama islam. Mahasiswa yang menempuh ilmu di program studi ini, di bekali berbagai keilmuan yang menunjang pada pembelajaran di MI/SD. Keilmuan tersebut antara lain mata kuliah IPA, IPS, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Fikih, Aqidah Akhlak, SKI, Matematika. Keilmuan lain yang menjadi ciri pada prodi ini antara lain Olahraga, bahasa daerah serta kerajinan tangan dan kesenian. 

Mata kuliah kesenian ini menjadi hal yang paling diunggulkan di Pordi PGMI karena dari mata kuliahb ini memunculkan bakat seni khususnya seni tari pada mahasiswa. Mata kuliah ini di bina oleh Ibu Lailatul Usriyah, M.Pd.I dan menelorkan seni tari islami dan tari daerah yang patut diacungi jempol. Karena selalu tampil dalam setiap event kegitana di IAIN Jember. Setiap tahun sealu tiga kali tampil pada event yudisium FTIK. 

Seain itu, saat pembukaan Football Championship PTKN 2019 yang dihadiri oleh wakil menteri agama dan kontingen dari seluruh PTKN se-Indonesia, grup seni tari PGMI tampil menyajikan tari pandalungan yang merupakan tarian khas jember sebagai kota pandalungan. Tarian tersebut cukup memukau para hadirin yang hadir, dan ini tidak lepas dari peran pembina tari ibu Lailatul Usriyah, M.Pd.I. Tarian tersebut, salah satu contoh yang dibeikan kepada mahasiswa sebagai bekal calon guru MI/SD yang nantinya dapat melatih peserta didik di sekolah masing-masing.

Selain itu, kegiatan mahasiswa Prodi PGMI juga dinamis. Dalam hal ini, di tampung dalam sebuah wadah HMP Prodi PGMI. Pada HMP Prodi PGMI, mahasiswa dapat menimba ilmu keorganisasian yang nantinya juga dibutuhkan saat terjun di masyarakat yang sesungguhnya.

Adapun dosen di PGMI sebagian besar masih tergolong muda dan energik. Dengan adanya dosen yang muda dan energik memungkinkan prodi ini dapat diajak maju dengan lebih cepat, ditambah lagi dengan ketua program studi yang masih muda dan multitalented Bapak Dr. Hartono, M.Pd. (adm) 

Berita Terbaru

LOMBA TARI SEMARAKKAN PSDO KE-IV
15 Nov 2022By oprpgmi
MENEGANGKAN SEKALI!!! PERSAINGAN KETAT BABAK PENYISIHAN OLIMPIADE MIPA PSDO KE-IV
14 Nov 2022By oprpgmi
MEMBANGGAKAN, ALUMNI MAHASISWI PGMI MENJADI SALAH SATU DELEGASI PENYUSUN INSTRUMEN AKMI TINGKAT MI
13 Nov 2022By oprpgmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;