info@iain-jember.ac.id 085234237373

MEMBANGGAKAN, ALUMNI MAHASISWI PGMI MENJADI SALAH SATU DELEGASI PENYUSUN INSTRUMEN AKMI TINGKAT MI

Home >Berita >MEMBANGGAKAN, ALUMNI MAHASISWI PGMI MENJADI SALAH SATU DELEGASI PENYUSUN INSTRUMEN AKMI TINGKAT MI
Diposting : Minggu, 13 Nov 2022, 10:48:08 | Dilihat : 863 kali
MEMBANGGAKAN, ALUMNI MAHASISWI PGMI MENJADI SALAH SATU DELEGASI PENYUSUN INSTRUMEN AKMI TINGKAT MI


Mahasiswi PGMI kembali menunjukkan prestasi gemilang. Atiq Yufitriyah Uswah, S.Pd angkatan tahun 2015. Alumni Mahasiswi PGMI itu berhasil menjadi penyusun instrumen AKMI tingkat nasional. Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) merupakan penilaian kompetensi mendasar terhadap seluruh peserta didik madrasah jenjang MI, MTs dan MA sebagai alat ukur untuk mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKMI mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya siswa kelas 5 MI.

“Dari total 5256 peserta se-Indonesia, diambil 135 orang untuk menjadi penyusun instrumen AKMI pada tahun 2021.  Alhamdulillah saya salah satu yang dipercaya.”

 “Motivasi saya mengikuti lomba menulis instrumen soal, berawal dari cerita pandemi kemaren. Kebetulan dari beberapa indikator yang disediakan, saya tertarik untuk membuat stimulus literasi Bahasa Indonesia.”

Menurut Atiq untuk lolos menjadi penyusun instrumen AKMI tidak mudah, karena harus melalui beberapa rangkaian seleksi yang masif. Atiq mengaku bahwa ia bisa lolos menjadi penyusun instrumen AKMI karena memiliki strategi jitu dengan melihat situasi sosial, isu-isu aktual yang berkembang dan ramai diperbincangkan.

“Jadi, strategi saya yaitu membuat stimulus soal yang sedang trending. Pada saat itu covid-19 sedang naik dan mendekati akhir tahun. Ada tiga tahap rangkaian seleksi yang harus saya lalui. Yaitu tahap pertama seleksi berkas, tahap kedua psikotes, dan yang terakhir tahap wawancara.”

“Harapan saya, semoga kedepannya semakin banyak alumni-alumni PGMI UIN KHAS Jember yang bisa membawa nama baik kampus, khususnya prodi PGMI.”

Atiq Yufitriyah Uswah, S.Pd juga tercatat sebagai salah satu mahasiswi yang berprestasi di UINKHAS Jember. Pada tahun 2018,  Atiq berhasil meraih juara pertama pada lomba Microteaching tingkat provinsi.

“Sebagai Koordinator Program Studi PGMI berterima kasih kepada Atiq. Telah mengharumkan nama prodi PGMI di UINKHAS Jember. Semoga ini bisa menjadi inspirasi adik-adik tingkat untuk menjadi guru yang membanggakan. Tentu ini sejarah, alumni mahasiswi PGMI bisa menjadi penyusun instrumen soal tingkat nasional.” tutur Hartono.

Berita Terbaru

LOMBA TARI SEMARAKKAN PSDO KE-IV
15 Nov 2022By oprpgmi
MENEGANGKAN SEKALI!!! PERSAINGAN KETAT BABAK PENYISIHAN OLIMPIADE MIPA PSDO KE-IV
14 Nov 2022By oprpgmi
MEMBANGGAKAN, ALUMNI MAHASISWI PGMI MENJADI SALAH SATU DELEGASI PENYUSUN INSTRUMEN AKMI TINGKAT MI
13 Nov 2022By oprpgmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;