info@iain-jember.ac.id 085234237373

PRODI PGMI IKUTI BIMTEK CRESPROGRAM REAKREDITASI PROGRAM STUDI

Home >Berita >PRODI PGMI IKUTI BIMTEK CRESPROGRAM REAKREDITASI PROGRAM STUDI
Diposting : Senin, 14 Nov 2022, 19:49:13 | Dilihat : 199 kali
PRODI PGMI IKUTI BIMTEK CRESPROGRAM REAKREDITASI PROGRAM STUDI


Perguruan Tinggi yang bermutu dan unggul adalah harapan semua pihak. Mutu Perguruan Tinggi (PT) yang baik akan menentukan kualitas proses pendidikan, proses pembelajaran dan menghasilkan output (lulusan) yang baik pula.

Pada hari ini (Senin, 14/11/2022) Pimpinan UIN KHAS Jember bersama Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN KHAS Jember mengadakan kegiatan Klinik IAPS LAMDIK Menuju Akreditasi Unggul dengan Tema " BIMTEK Penyusunan Borang Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK)".

Kegiatan BIMTEK ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 14-15 Nopember 2022 yang bertempat di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) lantai 2. Dalam kegiatan BIMTEK ini prodi PGMI mengirimkan 4 Tim Akreditasi PGMI yaitu dari Dosen sebanyak 3 orang yaitu Bapak Dr. Hartono, M. Suwignyo Prayogo, M.Pd.I dan Mohammad Kholil, M.Pd. sedangkan dari Tim anggota akreditasi PGMI yaitu Firman Aulia Ramadhan, S.Pd. Semoga dari 4 orang yang mewakili ini bisa menjadi awal yang baik untuk belajar memperbaiki Borang Akreditasi agar bisa meraih predikat Unggul.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag selaku wakil Rektor I UIN KHAS Jember. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa: Semoga dengan adanya BIMTEK Penyusunan Borang LAMDIK ini bisa membantu meningkatkan Akreditasi prodi-prodi yang masih belum Unggul menjadi lebih baik dan unggul sesuai harapan kita semua.

Adapun Narasumber pada kegiatan BIMTEK Klinik Akreditasi ini adalah Bapak Prof  Dr. H. Syamsun Ni'am, M.Ag. Beliau merupakan salah satu Asesor BAN-PT dan Asesor LAMDIK yang juga merupakan Dosen UIN SATU Tulungagung.  Sebagaimana materi yang disampaikan oleh Narasumber, Mutu PT merupakan kesesuaian antara penyelenggaraan perguruan Tinggi dengan SNPT, maupun standar yang ditetapkan oleh perguruan Tinggi sendiri berdasarkan visi dan kebutuhan dari para pihak yang berkepentingan (stakeholder).

Lebih lanjut Prof. Syamsun Ni'am juga menegaskan bahwa ada 9 Kunci Sukses dalam meraih kriteria Unggul dalam kegiatan Akreditasi yaitu:

1. Adanya keinginan yang sangat kuat dari pimpinan untuk meraih peringkat unggul

2. Adanya Tekad yang kuat dari Perguruan Tinggi atau Program Studi bahwa mewujudkan Prodi yang unggul adalah sebuah ladang bersama yang harus dirawat dan harus dikembangkan secara baik

3. Performa pimpinan dan tim akreditasi yang solid

4. Kesahihan dan keakuratan data

5. Data yang lengkap (kelengjapan data)

6. Kecepatan dan ketepatan penyajian data

7. Mari bersama kita hilangkan Negative thinking terhadap Asesor

8. Instrospeksi diri dengan cara tingkatkan kualitas Borang dengan Based on Data and Regulation

9. Kerjasana dan kekompakan semua unsur atau unit.

Dr. Hartono selaku Koorprodi berharap kegiatan ini dapat memberikan kesiapan kepada tim reakreditasi dalam menyusun data evaluasi diri Prodi PGMI sehingga predikat unggul dapat diraih.

Semoga melalui kegiatan BIMTEK ini, semua prodi-prodi yang ada di semua Fakultas khususnya Prodi PGMI bisa meraih predikat Unggul dalam proses Reakreditasi di tahun 2024 nantinya. (admin PGMI)

Berita Terbaru

LOMBA TARI SEMARAKKAN PSDO KE-IV
15 Nov 2022By oprpgmi
MENEGANGKAN SEKALI!!! PERSAINGAN KETAT BABAK PENYISIHAN OLIMPIADE MIPA PSDO KE-IV
14 Nov 2022By oprpgmi
MEMBANGGAKAN, ALUMNI MAHASISWI PGMI MENJADI SALAH SATU DELEGASI PENYUSUN INSTRUMEN AKMI TINGKAT MI
13 Nov 2022By oprpgmi

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;